A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/pariwisatapapua/public_html/system/cache/ci_sessiona489d8801a641c6a9a31c5b7057039be3a2f44b2): failed to open stream: Disk quota exceeded

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/pariwisatapapua/public_html/application/controllers/Welcome.php
Line: 11
Function: __construct

File: /home/pariwisatapapua/public_html/index.php
Line: 263
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/pariwisatapapua/public_html/system/core/Exceptions.php:272)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 140

Backtrace:

File: /home/pariwisatapapua/public_html/application/controllers/Welcome.php
Line: 11
Function: __construct

File: /home/pariwisatapapua/public_html/index.php
Line: 263
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/pariwisatapapua/public_html/system/core/Exceptions.php:272)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 140

Backtrace:

File: /home/pariwisatapapua/public_html/application/controllers/Welcome.php
Line: 11
Function: __construct

File: /home/pariwisatapapua/public_html/index.php
Line: 263
Function: require_once

KABUPATEN JAYAPURA

PROFIL KABUPATEN JAYAPURA


DESKRIPSI KABUPATEN :

Kabupaten Jayapura

#Di Sini Kami Tinggal Dengan Damai

JAYAPURA, dengan ibu kotanya Sentani merupkan salah satu kota besar di ujung timur Indonesia. Terletak 30 KM barat laut kota jayapura dan berada di pinggiran danau sentani yang sangat indah dan menawan. Terbentang di antara kota jayapura dan kabupaten jayapura. Danau terluas dan terbesar yang ada di Papua dan terletak dibawah lereng pegunungan siklop ( Cyclops) dengan sumber mata air yang mengalir ke danau sentani ini memiliki keunikan tersendiri. Selain dijadikan sebagai tempat pembudidayaan ikan air tawar, Danau sentani juga kerapakali dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga dan setiap tahun pada bulan juni Kabupaten Jayapura menggelar event Festival Danau Sentani yang menyuguhkan berbagai kerajinan tangan khas sentani seperti sempe  (tembikar), hombou ( lukisan/gambar motif adat sentani di atas kulit kayu ), hilo ( alat makan), kuliner khas papua (papeda, sagu bakar, ikan bakar) dan tari-tarian tradisional adat sentani (isolo- menari di atas perahu) yang menjadi salah satu kalender wisata tahunan Indonesia serta daya tarik wisata dunia.

Perjalanan ke Papua bisa sangat menyenangkan dengan berkunjung de Danau Sentani, Danau ini memiliki pemandangan yang indah di atas kilauan air, terletak di dekat jayapura, ibu kota Papua. Keheningan air akan membuat anda merasa damai seperti berada di surga. Dengan merangkul pegunungan Cyclops di sebelah utara dan tumbuhan subur sebagai latar belakang yang indah dan melindungi 24 desa yang bertengger sekitar danau menjadikan danau ini sangat indah dan unik. Orang-orang di sini ramah dan kreatif , hasil kerajinan tangan mereka merupakan yang terbaik di Tanah Papua.

Selain Danau Sentani, Di desa Tutari terdapat lukisan di atas batu dari jaman megalitik, dimana hal ini adalah suatu keajaiban yang layak dan wajib untuk di kunjungi.

Terletak di sebuah bukit kecil di tepi danau, anda bisa menikmati batu ini sambil berperahu. Desa lain yang menawarkan pemandangan indah adalah Doyo Lama, tempat seni lukisan batu. Danau ini adalah titik awal yang fantastis untuk memahami budaya Papua.

Sisa-sisa Perang Dunia II tersebar di sekitar wilayah sentani ini seperti markas komando penting selama perang. Di salah satu bukit, di Gunung Ifar, sebuah monument dibangun untuk memperingati komando militer Amerika Jendral McArthur. Dari monument ini anda bisa menikmati pemandangan s[ektakuler kea rah danau pada saat matahari terbit maupun terbenam,

Desa di sekitar Danau Sentani mempunayai adat yang berbeda, namu berasal dari beberapa budaya yang sama sebagaimana terlihat dari kepercayaan dan ritual mererka. Isolo misalnya adalah sebuah upacara yang menyatukan perbedaan budaya dari 24 desa di sekitar danau. Upacara-upacara ini juga dapat anda saksikan dan lihat sebagai bagian dari Festival Danau Sentani yang dihelat selama bulan Juni.

Pulau Asei di Distrik Sentani Timur, sepuluh kilo meter selatan Jayapura , Papua adalah salah satu dari tiga pulau terpenting di kawasan tadah hujan Danau Sentani. Kampung Asei hanya sederet lurus, berbatasa setapak kaki lima ke kaki bukit, di huni 320 kepala keluarga .

Melukis jadi keterampilan temurun di Asei , yang sejak Juni 2008 menjadi tuan rumah agenda tahunan Festival Danau Sentani sampai 1980-an, Kulit Kayu Kombov hanya digunakan sebagai daka homo (pakaian), cidako (celana untuk kaum pria), pembungkus jenazah dan alas penaruh kapak batu dalam perundingan mas kawin. Lukisannya becorak mitologi, lambing kekerabatan, marga, nilai suci kematian, keseharian warga sentani. Lambang kepercayaan tentang semesta. Kini, bagi wisatawan menjadi kanvas lukisan dengan tiga warna dasar, hanya menggunakan tigas jenis warna. Hitam, dari arang,jelaga belanga dicampur minyak kelapa, mencerminkan dunia fana. Putih dari kulit kerang dan sagu (kebesaran suku). Merah dari tanah liat batu merah dicampur getah kayu susu, kapur sirih, perlambang keperkasaan suku.

Melukis adalah bagian dari dunia bermain lain : kasti , benerang atau memancing kayou/khabehei alias gabus sentani (Oxyeleostris Heterodon) dan pelangi sentani ( Chilatherina Sentaniensis). Semua dilakukan dengan hayi (perahu Perempua), iva (perahu lekaki, lebih ‘kurus’ selebar hanya cukup untuk duduk satu orang, satu perahu maximal untuk tiga orang), atau bolotu, lebih panjang dan lebar dari hayi, yang didayung atau bermotor temple.

Di Danau Sentani ini terdapat 30 spesies ikan tawar dan empat diantaranya merupkan endemic danau sentanib yaitu ikan gabus danau senatani ( Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi senatni (Chilatherina Sentaniensis) , ikan pelangi Merah (Glossolepis Incisus) dan Hiu Gergaji ( Pritis Microdon). Danau Sentani kaya akan beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan tawar.

Desa Tablanusu merupakan salah satu tempat wisata komplit yang terletak di Desa Tablanusu, Kecematan Depapre , Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Kata Tablanusu sendiri ddiambil dari dua kata yang digabungkan, yakni Tepera yang berarti salah satu nama suku asli di sana, dan Onusu yang berarti terbenamnya matahari. Desa yang ramai dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan ini menjadi salah satu obyek wisata favorit di daerah Papua. Alamnya yang damai, lokasinya yang nyaman, pemandangan pantai yang indah dengan lautnya yang bening serta ombak yang tenang disempurnakan dengan keramah tamahan warga sekitar.

Berbagai wisata dapat pengunjung jumpai di obyek wisata ini, diantaranya wisata hutan dengan trekking menyusuri hutan yang terdapat di beberapa titik di dekat kampung Tablanusu bersama masyrakat kampung setempat. Bagi peminat wisata sejarah, bisa melihat sisa-sisa peninggalan tentara sekutu pada masa Perang Dunia II. Berdasarkan sejarahnya, Desa Tablanusu ini merupakan salah satu basis tentara sekutu di Indonesia.

Selain Pantai Tablanusu dengan keunikannya, di jayapura masih terdapat beberapa pantai-pantai indah yang menanti kunjungan anda, antara lain : Pantai Amai yaitu adalah terdapatnya pertemuan air tawar dan air laut.  Air tawar tersebut berasal dari sungai yang terdapat disekitar pantai tersebut yang bermuara ke pantai ini ; Pantai Harlem yang eksotis di Depapredengan kolam air tawar alami di sekitar dan Pantai Kamdera di Demta serta Kali Biru yang sungguh menawan hati untuk menikmati suasana alam yang asli dan asri.

Danau Sentani  dapat dicapai dengan berkendara selama 30 menit ke arah barat dari kota Jayapura, Sentani, demikian nama Udaranya , terletak sekitar 40 KiloMeter (25 mil) dari Jayapura . Sebagai  Ibu kota Provinsi yang luas , jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar di Indonesia baik melalui udara dan laut. Anda dianjurkan untuk selalu memeriksa detail penerbangan anda.

Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura. Harga bervariasi jadi pastikan anda setuju dengan hargnaya sebelum.

Dari Jakarta, Masassar dan Denpasar garuda Indonesia , Lion Air Group, Sriwijaya Air dan Express Air terbang ke biak, Jayapura , merauke, timika, setiap hari dan juga terbang pada hari tertentu ke sorong dan manokwari. Untuk informasi lebih lanjut hubungi agen perjalanan lokal di jayapura.

Detail Kabupaten

News

Link Terkait


A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: rewind() expects parameter 1 to be resource, boolean given

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 188

Backtrace:

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: filesize(): stat failed for /home/pariwisatapapua/public_html/system/cache/ci_sessiona489d8801a641c6a9a31c5b7057039be3a2f44b2

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 192

Backtrace: